JIKA Ingin meraih kesuksesan, maka kita harus bisa bersikap siap dan
tanggap.Jangan kita biarkan pekerjaan menumpuk.Ketika telah diberi pekerjaan
terntentu, maka kerjakanlah saat itu juga.Jangan menunda pekerjaan.
Menunda pekerjaan adalah penyakit yang banyak menjangkiti
manusia.Banyak alasan yang dapat dijadikan kambing hitam untuk menunda
pekerjaan. Sikap suka menunda pekerjaan dapat muncul dari cara kita
memersepskan beberapa pekerjaan atau aktivitas tertentu dan membandingkannya
dengan kesenangan atau manfaat yang diberikan. Orang yang sering menunda
pekerjaan biasanya beranggapan bahwa ia masih mampu mengerjakan pekerjaan
dengan waktu yang lebih pendek dari waktu yang diberikan.
Kita ambil contoh, seorang editor diberi waktu 4 jam untuk
menyunting suatu naskah. Ia tidak langsung action mengerjakan tugasnya, karena
ada aktivitas lain yang lebih menarik perhatiannya, misalnya membuka facebook,
menggosip atau aktivitas lainnya. Ini dilakukan karena ia beranggapan bahwa
pekerjaannya dapat diselesaikan dalam waktu 2-3 jam saja. Tanpa terasa, karena
keasyikan dengan aktivitasnya, ia sudah kehilangan waktu hamper satu jam lebih.
Setelah itu barulah ia mati-matian mengerjakan tugasnya. Dan, hasilnya dapat
ditebak, tidak akan maksimal.
Jika Anda mendapatkan pekerjaan dengan target waktu tertentu,
alangkah baiknya jika Anda langsung mengerjakannya tanpa diselingi aktivitas
lain yang dapat mengganggu. Anda tidak perlu menunggu ada yang memotivasi dalam
mengerjakan tugas itu atau menunggu mood Anda membaik.Banyak orang yang justru
termotivasi pada saat sedang mengerjakan tugasnya, bukan sebelum mengerjakan.
Baru setelah selesai dengan tugas dan waktu Anda masih ada, Anda dapat
memanfaatkannya untuk aktivitas lain. Hal ini akan lebih efektif untuk
membangun kebiasaan menghargai waktu Anda.
[Sumber: Kebiasaan
Orang-orang Hebat/Karya: Alvin Pratista/Penerbit: Sinar Kejora]
0 komentar:
Posting Komentar